Juara Balap Indonesia 2

January 30, 2007

spionqRIMBA JALANAN

Saya orangnya cukup santai dan sederhana. Tapi tak tahu kenapa setelah sampai dijalanan saya berubah menjadi sosok yang lain yang senantiasa terburu-buru dijalan. Kebut sana-kebut sini, tak mau kalah dengan yang lain. Padahal saya bukan pejabat. Yang kemana-mana harus selalu terburu-buru dan sibuk demi kepentingan rakyat.

Alasan terhebat saya untuk tidak tinggal dan bekerja di Jakarta adalah juga lalu lintas jalan raya yang senantiasa semrawut dan macet.”Ngga mau di jakarta, tua dijalan.” Seorang teman juga berpendapat begitu. Maksudnya kalo dihitung-hitung sehari 24 jam terjebak dijalan plus macet rata-rata sehari 6 jam dijalan berarti seperempatnya. Jika umur produktif Anda 60 tahun dan selama itu Anda tinggal di Jakarta berarti 15 tahun Anda habis untuk menunggu kemacetan. Dan ternyata sedikit demi sedikit, lalu lintas Bandung berubah kesetanan seperti di Jakarta.

Awalnya pagi-pagi keluar dengan santai, penuh semangat dan energi. Satu dua kendaraan menyalip, tiga empat kendaraan saling menyusul dan berkejaran. Lima enam, aku mulai panas, bukan cacing kepanasan lho. Tapi panas hatinya. Tujuh delapan motor mulai melaju. Sembilan sepuluh saya sudah berada di dalam laju arena rimba jalanan.

Orang Indonesia yang Sibuk

Orang bijak dari bilang “Kalo mau melihat bagaimana sebuah negara lihatlah para wanita … dan jalan(raya)nya. Bisa juga wanita di pinggir jalannya -duh’ dimalam hari -duh’ (lagi). “

“Atau jalan para wanitanya…”

Maksudnya lalulintas jalan rayanya. “Semrawut!” kata seorang teman. “Orang indonesia memang semrawut.”
“Coba lihat dari sisi yang lain dong.”
“Orang Indonesia egois-egois, saling tidak mau kalah.”
“Yang lain?”
“Orang Indonesia tidak disiplin! Suka melanggar peraturan.”
“Indonesia penuh dengan suap, kolusi dan nepotisme.”
“Aparat dan pelanggar hukumnya sama-sama nggak beres”
“Kok negatif semua sih? Posistifnya, dong!”

Yang Positip-positip, maksudnya positip tingking

1. Kesemrawutan di jalan raya itu sangat didukung oleh faktor kesibukan rakyat Indonesia. Buat apa buru-buru dan ngebut kalau tidak sibuk banyak kerjaan, ya nggak?

2. Orang indonesia makin kaya, karena makin banyaknya kendaraan di jalan. Mobil semakin banyak terjual, motor semakin mudah terbeli. Hebat sekali. Daya beli semakin tinggi. Tambah kaya, mungkin. Tambah bodoh? pastii.

3. “Jadi melihat keadaan jalan raya yang semwrawut, tahun 2007 perekonomian sangat optimis dan menjanjikan.” Kata ahli ekonomi Indonesia. Ya betuul.

4. Manusia indonesia berjiwa kompetisi tinggi, tak mau tertinggal dibelakang. Dengan kendaraan lain saja tak mau, apalagi dengan bangsa lain.

5. Bangsa Indonesia pandai melihat peluang, buktinya di lampu lalulintas. Lampu masih merah tapi orang Indonesia mampu melihat bahwa nanti akan hijau. Kendaraan langsung ditancap tepat sebelum lampu menyala hijau.

Jadi gimana, sudah percaya dengan potensi orang Indonesia yang begitu hebat?

Advertisements

15 Responses to “Juara Balap Indonesia 2”

  1. Anangmangga Says:

    menurut saya orang indonesia itu orang yang bodoh.. mau aja dikibulin sama jepang… ditawarkan produk2 motor dan mobil canggih terbaru lagi… ya supaya orang indonesia pada beli… terus diberi bantuan cuma-cuma untuk pengadaan jalan tol.. jalan alternatif.. dan sebagainya pokoknya sarana yang bisa membantu bisnis kendaraan jepang…. padahal di jepang sendiri ga begitu banyak dan heboh seperti di indonesia ini pasar kendaraan bermotor… di jepang yang dibangun adalah sarana transportasi masal.. kereta supercepat.. sehignga para penduduknya cukup mengandalkan keberadaan sarana tersebut.. bahkan mereka rela jalan kaki… inilah bedanya dengan kita… kita hanya mengejar gengsi… tidak pernah bisa memandang jauh kedepan..

    spakaaat 🙂

  2. triadi Says:

    sekitar tahun 2003 kata pakar asing nih, presiden indoensia akan disanjung setinggi langit kalao bisa membenahi tiga hal :
    # Menyelamatkan kekayaan hutan di Indonesia dengan memberantas semua praktek illegal logging.
    # Efisiensi kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS), dan
    # Mendorong terciptanya budaya berlalu lintas yang baik.

    nah yang ketiga nih yang relevan sama topik di atas. jalan bagaimanapun adalah tempat berkumpulnya berbagai budaya, so kalo jalannya pada tertib pasti orangnya lebih beradab. (tapi masalahnya saya masih seneng je kebut2an,saya dah beradab belum ya…hehehe). Nah ini juga masalah indoensia, misuh-misuh sendiri tapi ga taunya diri sendiri lah sebenarnya yang jadi bagian dari masalah…:)

    btul mas trie, kalo dah beradab kan enak minum kopi pagi, tambah nikmaat, apalagi diwarungmu.😛

  3. PutRie Says:

    Jalanan sekarang memang jadi semrawut,… penuh sesak kendaraan pribadi,… yg tak mau bersabar,.. ego masing2 keluar… menganggap bahwa mereka paling benar dan baik.

    Yaaa, kita hanya bisa bersabar diri saja.

    siiip bu, yang sabaaaar
    🙂

  4. tante_angga Says:

    Assalamu’alaikum,,,

    pertama,,,, aku ucapin selamat datang di dunia blog Indonesia!!!
    heheheh, biar lambat asal selamat
    biar baru nge-blog sekarang (huu, ketahuan nggak gaulnya tuh) asal nge=posting tiap hari, heheheh….

    Salut juga seeh Hari gini ada yang masih Bangga Berbahasa Indonesia, Berbangsa Indonesia dan ngaku sebagai Pemuda Indonesia (yang masih jomblo aja,,,,, gak malu sama ngg…. jenggot WHAHAHHAHA)

    Orang Indonesia emang semrawutt…. wong gini aja yah,,, hitung berapa orang Indonesia yang senang jalan kaki… ke Indomart pake motor, ke kampus make motor, ke pasar make motor juga…. coba deh jalan kaki kayak orang Jepang,,, dijaminnn lama nyampenya dan udah tepar duluan, heheheheh

    yaa jangan salahin yang motor2ran juga sih,,, kalo mau jalan kaki juga susyeehnye minta ampun,,, wong trotoarnya aja dipake lahan kaki lima,,, didepan ITB juga,,, populasi burungnya juga udah over kan? jalan kaki dari ujung ke ujung ajimat kerudung jadi bersalju,,,, heheh

    dan satu lagi,,, orang Indonesia tidak dibatasi kepemilikan kendaraan bermotor-nya,,, dan motor/ mobil tahun 70-80an aja masih beredar,,,

    ngaku rimba jalanan? yah bolehlah…. heheheh,,, tapi lagi-lagi inget umur ya,,,, hehehehe…. stay cool and jontorly mas!!!

    iya bu bidan, aye manut ajah (daripada disuntik)🙂

  5. venus Says:

    iya deh..orang indonesia memang hebat, hehehe…

    ngaku sekarang, jeleknya juga hebat ya…

  6. Johan Says:

    mending di batam dong…gak macet gak semrawut. deket singapur pula. agak jauh siy dari bandung…hikss.. i miss bandung…………………………..

    tenang jo, bandung aman ajah . Gw jagain buat elo.
    😛

  7. linda Says:

    kata orang, bangsa yg besar adalah bangsa yang bangga pada negerinya sendiri 🙂
    walau semrawut apapun negri ini, aku tetap cinta Indonesia 😉

    btul linda, tetep bertahan ya, smaangaat!

  8. Gabrielle Says:

    Yang pasti, orang Indonesia cantik-cantik dan ganteng-ganteng kayak sekoteng 🙂

    Btw, akhirnya aku adopsi Pug. Kemarin saya ke Bandung, tapi cuma satu jam. Hanya untuk jemput Cupcake, Pug-ku itu 🙂

    knapa ga mampiiir, asiiik ada pug baru. salam buat cupcake🙂

  9. Paman Tyo Says:

    Wah gombal tenan iki! Pokoke tahun 2007 gayeng. Salam bogem mateng dari juru supit di Bogem, Yogya.

    hahaha, kalo blogeman disana nantinya bikin enak 😛

  10. henny Says:

    orang indonesia memang hebat…saking hebatnya jadi bodoh( tidak semuanya lho ) hehehehe..

    wah aku masuk yang ga semua dong, mbak henny juga

  11. Iko Says:

    Hanya ingin konfirmasi saja….

    Linknya sdh saya link 🙂

  12. bu guru Says:

    akibat kredit kendaraan makin banyak dan guampan makane jumlah kendaraan nambah terusss tiap hariii


  13. hohoho…aku srg bgt ngliat temen2ku yg baik,sabaran dan ramah..tp pas udah di blakang setir mobil mrk smua lgsg brubah jd bringas.
    jadi ngebut2,nyalip2..rebutan jalan,ga mau kalah..trus klo ada yg motong jalannya ato nyenggol dikit lgsg kluar dh bahasa ragunan dr mulutnya.
    hehehe..itu ya..sindrom pengemudi di indonesia..kmu jg jon?bwahahaha…

  14. Mae Says:

    Kalo pernah bekunjung ke Mesir….pasti banyak2 bersyukur

    Disini orang2nya serba lebih

    – Lebih keras kepala, ga ada yang namanya rambu-rambu di mesir
    – Lebih ga disiplin, bunyiin klakson en umpatan hampir tiap detik
    – Lebih beringasss, angka kecelakaan sangat tinggi
    – Lebih ga jelass, mobil dari jaman jebot masih bekeliaran di jalan-jalan protokol

    Pokoknya masih indah Indonesia. Tapi disini ga ada banjir 🙂

  15. radit Says:

    om gambar lanjutan balab indonesia kok dak ada


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: